Kajian Pemuda Keren Masjid Al-Jihad (Hijrah Is Love)


Hijrah Is Love (oleh: Ust Fatih Izzudin)


Perkara hijrah, sejatinya hijrah itu proses, hijrah itu perjalanan. Yakni proses perjalanan meninggalkan sesuatu yang tidak baik menjadi baik, yang sudah baik diperbaiki lagi agar menjadi lebih baik.
Hijrah juga tidak hanya sekali dilakukan, tapi step by step, hijrah itu ya memang perjalanan yang pasti ada ujungnya juga. Kapan ujung dari hijrah? Saat malaikat maut mengambil nyawa kita dan saat itu pula kita tidak lagi memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri.
Disamping itu dibahas juga tentang cinta. Islam sama sekali tidak pernah melarang cinta, justru islam memberikan solusi terhadap cinta.
Yang dibahas disini tentunya tentang cinta kepada Allah. Cinta kepada Allah itu mendatangkan kenikmatan, sedangkan cinta yang bukan kepada Allah dan bukan karena Allah pastilah akan mendatangkan kemurkaan Allah.

Ada cinta yang selalu menghiasi lantunan doa rasulullah, yakni:
1.      Cinta kepada Allah, Rasulullah selalu meminta agar beliau selalu cinta kepada Allah, karena cinta itu menguatkan untuk menjalani hidup.
2.      Cinta orang-orang yang mencintai Allah, begitu pun dengan para Nabi.
·         Nabi Isa diberikan kaum Hawariyin
·         Nabi Musa diberikan Nabi Harun yakni saudaranya sendiri untk menemani perjuangan dakah nabi Musa.
·         Nabi Muhammad Saw, beliau diberikan para sahabat yang mencintai Allah. Karena kecintaan para sahabat kepada Allah itulah yang menguatkan Raslullah dan nabi lainnya dijalan dakwah yang penuh dengan cacian, hinaan dan olok-olokan.
Cinta juga terbagi menjadi dua, yaitu:
·         Cinta Fitrah, yakni kecintaan kita kepada Allah dan Rasul
·         Cinta syahwat, yakni kecintaan kita terhadap lawan jenis, terhadap anak-anak, harta, tahta sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah:165. Dan cinta syahwat itu hanyalah cinta semu.
Menghadirkan kebaikan bagi mereka yang kita cintai adalah cinta sejati. Mari bertanya pada Salman Al-Farizy jika hendak tahu seperti apa bentk cinta karena Allah itu. Cinta karena Allah adalah cintanya orang asing yang selalu bersemangat menebar kebaikan. Cinta yang bukan kata benda melainkan kata kerja. Cinta yang tidak jatuh, tapi dibangun.

Sekian yang bias saya baikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sudi membaca tulisan ini. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kajian Pemuda Keren Masjid Al-Jihad (Hijrah Is Love)"

Post a Comment