Penjual balon di Puskesmas Karangpawitan




Ketika masuk ke Puskesmas Karangpawitan, aku lihat didepan pintu masuk itu ada seorang kakek yang mencuri perhatian ku, beliau duduk bersandar ditembok sambil menunggu dagangannya. Kakek itu berjualan balon, balon kuda poni, balon pesawat, dan balon upin Ipin.

Singkat cerita aku telah selesai membuat surat dokter untuk keperluan melamar pekerjaan. Bergegas keluar, dan ku lihat sekarang kakek itu tertidur sembari bersandar, "ah kasian sekali kakek itu". Ucapku sambil berlalu.

Setelah sampai diparkiran motor, masih ku perhatikan kakek itu dari kejauhan, kasihan sekali. Sudah tua, masih berjualan untuk menghidupi keluarganya, mengantuk, lalu tertidur, sesekali ia membuka mata dan melihat dagangannya.

Masih ku pikirkan, aku ingin membelinya tapi untuk apa. Aku ingin membelinya tapi bagaimana membawanya, sedangkan bawaanku banyak sekali.
Setelah itu aku pun nekad untuk berjalan ke arah pintu masuk puskesmas itu dan menghampiri si kakek.

Aku : Pak, yang ini berapa harganya? (Tanyaku sambil menunjuk ke arah balon kuda poni kecil)

Kakek : Oh ieu nu alit 15rb neng, nu ageung 20rb. Nu ieu weh Kuda poni nu Agung neng. (Artinya: oh ini 15rb neng, yang besar 20rb. Yang ini aja kuda poni yang besar)

Aku : ribet pak nyandakna, hehe (artinya: ribet pak bawanya)

Kakek : tiasa di kempesan neng, hayu bade nu mana. (Artinya: bisa dikempesin neng, ayo mau yang mana)

Aku : oh tiasa dikempesan pak? Kin tiasa ditiup deui? (Artinya:oh bisa dikempesin pak? Nanti bisa ditiup lagi?)

Kakek : muhun neng, tiasa (artinya: iya neng bisa.)
Aku : nya ntos nu ieu wae pak (artinya: yaudah yang ini aja pak) sambil menunjuk balon pesawat.

Si kakek bergegas mengempeskan balon tersebut lalu aku tanya lagi.

Aku : Atos payu Acan pak? (Udah laku belum pak?)

Kakek : (senyum) Alhamdulillah Atos payu hiji neng. Ieu sampean bapak tos kecelakaan janten Acan tiasa icalan jauh-jauh (Artinya: Alhamdulillah udah laku satu neng, ini kaki bapak abis kecelakaan jadi belum bisa jualan jauh-jauh)

Aku : oh Alhamdulillah pak, astagfirullah ayena kumaha sampean na Pak? Bumi bapak dimana? ( Artinya : sekarang gimana kaki bapak, rumah bapak dimana?

Kakek : masih karasa wae neng, nyeri. Di pengkeur aljihad neng (artinya: masih kerasa terus neng, sakit, dibelakang aljihad)

Aku : sing Enggal damang pak, semoga lancar icalanna nya, ieu artosna. ( Semoga cepet sembuh pak, semoga lancar jualannya, ini uangnya) sambil bilang gini udah berkaca-kaca, gak kuat banget.

Kakek : Aamiin, haturnuhun neng, sing dilancarkeun segala urusanna nya. Nuhun Atos dipeser balon bapak. (Artinya: Aamiin, terimakasih neng, semoga dilancarkan segala urusannya, terimakasih dah dibeli balon bapak).

Aku : Muhun pak, pamit nyaa (artinya: iya pak, pamit yaa) sambil tersenyum aku pun berlalu.
Sampai diparkiran, kakek itu masih saja melihatku.

Sebenarnya tak banyak yang aku lakukan, hanya membeli apa yang sebenarnya tidak aku butuhkan. Bukan itu intinya, aku membeli karena iba dengan kakek tersebut.

Bagi teman-teman kalau mampir ke Puskesmas Karangpawitan jangan lupa beli balon si kakek yaaa. Lupa juga sih kenapa ga foto si kakeknya😶

Semoga menginspirasi teman-teman semua, ambil apa yang sekiranya bermanfaat dan bernilai positif.
Semoga Allah berikan kesehatan dan kelancaran dan keberkahan untuk kakek itu 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjual balon di Puskesmas Karangpawitan"

Post a Comment